Niat dan Visualisasi

Definisi Niat

An Niat (niat) secara bahasa artinya adalah al qashdu (maksud) dan al iraadah (keinginan) atau dengan kata lain qashdul quluub wa iraadatuhu (maksud dan keinginan hati). Sedangkan definisi niat secara Istilah adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di, beliau berkata, “Niat adalah maksud dalam beramal untuk mendekatkan diri pada Allah, mencari ridha dan pahalaNya.” (Bahjah Quluubil Abraar wa Qurratu ‘Uyuunil Akhyaar Syarah Jawaami’ul Akhbar hal. 5Niat juga berarti al „azm yaitu keinginan yang kuat. An-Nawawi berkata, “Niat adalah al qoshdu yaitu 'azimatul qolbi (berkeinginan dengan hati dan “nawaka Allahu bi khairin”(Allah SWT bermaksud memberimu kebajikan). Akan tetapi yang dimaksud dengan „azm dalam konteks ini mempunyai pengertian sebagai sebuah keinginan yang lebih kuat dari sekedar maksud

Niat terletak di hati manusia sehingga niat ini bisa juga tidak perlu dilafadzkan dengan kata-kata. Niat ini bisa dikatakan adalah gerbang ketika akan melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan tertentu. 

Fungsi Niat :

x

Pertama, Membedakan antara satu ibadah dengan ibadah lainnya, atau membedakan antara ibadah dengan kebiasaan.

Contohnya ketika akan melakukan shalat, antara shalat dzuhur dengan shalat ashar. Keduanya sama jumlahnya 4 rakaat tetapi keduanya bisa dibedakan dengan niat ketika akan melakukan shalat tersebut. 

Kedua, Membedakan tujuan seseorang dalam beribadah. Jadi apakah seorang beribadah karena mengharap wajah Allah ataukah ia beribadah karena selain Allah, seperti mengharapkan pujian manusia.

Definisi Visualisasi

Visualisasi (Inggrisvisualization) adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia.

Visualisasi merupakan upaya manusia dalam mendeskripsipkan maksud tertentu menjadi sebuah bentuk informasi yang lebih mudah dipahami. Biasanya pada jaman sekarang manusia menggunakan komputer. Visualisasi berkembang dengan perkembangan teknologi,diantaranya rekayasa, visualisasi disain produk, pendidikan, multimedia interaktif, kedokteran, dll. Pada dasarnya visualisasi digunakan untuk mendiagnosa dan menganalisis data yang ditampilkan agar dapat memprediksi kesimpulan. 

Dalam penerapan atau pengimplementasian energi di berbagai kasus tidak terlepas dari NIAT. Energi bekerja sesuai dgn niat yg diinginkan. Jadi dalam penggunaan energi sangat berhati hati dalam berniat karena suatu energi positf bisa berubah jadi negatif karena didalamnya terdapat niat negatif untuk mencelakai orang.
Biasanya yg baru belajar sangat susah mengimplementasikan energi dgn niat aja. untuk itu digunakan visualisasi terlebih dahulu. Ini untuk awal aja. Contohnya penerapan cakra dasar.

Awalnya aktifkan energi cakra dasar sampai terasa dan naikan ke dada. Setelah itu buat niat kedua yaitu alirkan energi cakra dasar ke tangan kanan dan buat seperti bola. Setelh terbentuk baru pasangkan niat selanjutnya bola energi tersebut untuk apa.

Apabila masih susah penggunaan niat saja maka disni diperlukan visualisasi. Biasanya untuk awal ini sangat membantu tetapi kedepannya visualisasi ditinggalkan sehingga hanya niat aja yg bekerja di dalam energi.

Ada kelebihan dan kelemahan menggunakan niat
kelebihannya
- apabila niat kita kuat, ketika kita berniat aja orang yg mau kita sembuhkan kan langsung merasakan efeknya tanpa kita sentuh.
- energi yg dalam tubuh kita akan dapat lebih cerdas karena bekerja tanpa ada batasan dari kita sendiri. karena bisa aja yg keluar untuk menyembuhkan tersebut energi yg paling pas dengan struktur penyakit.

Kelemahannya
-apabila niat tidak kuat, maka pengobatan yg kita lakukan tidak akan begitu sukses dilakukan.

Kelebihan dan kelemahan menggunakan visualisasi
kelebihannya.
- apabila dengan niat tidak kuat, maka diperkuat dengan visualisasi kita. sehingga energi yg kita gunakan dapat kita atur menggunakan apa.
- cara visualisasi lebih gampang dilakukan karena kita seperti membuat skenario dalam pikiran kita

Kelemahan.
- energi yg dikeluarkan terbatas jadinya dan belum tentu energi tersebut cocok dengan kondisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Titik lathifah

Konsep kedutan di 3 jari bawah pusar atau di tempat titik pusat tenaga dalam atau di tantien

Energi Murni manusia atau energi hawa murni atau energi murni tantien