PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA DAN TEKHNOLOGI


     Peradaban manusia tidak dapat dipisahkan dari perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena ini lah faktor-faktor pendukung adanya peradaban Sosial dan budaya manusia. System informasi global yang berkembang saat ini tidak lah lepas dari peranan kemajuan ilmu pengetahuan yang berkembang pada jaman dahulu.
Pertama mari kita bahas dulu menhenai prasejarah atau nirleka (nir: tidak ada, leka: tulisan) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada masa di mana catatan sejarah yang tertulis belum tersedia. Zaman prasejarah dapat dikatakan bermula pada saat terbentuknya alam semesta, namun umumnya digunakan untuk mengacu kepada masa di mana terdapat kehidupan di muka bumi dimana manusia mulai hidup. Batas antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan. Hal ini menimbulkan suatu pengertian bahwa prasejarah adalah zaman sebelum ditemukannya tulisan, sedangkan sejarah adalah zaman setelah adanya tulisan. Berakhirnya zaman prasejarah atau dimulainya zaman sejarah untuk setiap bangsa di dunia tidak sama tergantung dari peradaban bangsa tersebut. Salah satu contoh yaitu bangsa Mesir sekitar tahun 4000 SM masyarakatnya sudah mengenal tulisan, sehingga pada saat itu, bangsa Mesir sudah memasuki zaman sejarah. Zaman prasejarah di Indonesia diperkirakan berakhir pada masa berdirinya Kerajaan Kutai, sekitar abad ke-5; dibuktikan dengan adanya prasasti yang berbentuk yupa yang ditemukan di tepi sungai Mahakam, Kalimantan timur baru memasuki era sejarah. Karena tidak terdapat peninggalan catatan tertulis dari zaman prasejarah, keterangan mengenai zaman ini diperoleh melalui bidang-bidang seperti paleontologi, astronomi, biologi, geologi, antropologi, arkeologi. Dalam artian bahwa bukti-bukti pra-sejarah hanya didapat dari barang-barang dan tulang-tulang di daerah penggalian situs sejarah.
Teknologi yang berkembang pada zaman prasejarah
      Zaman prasejarah sendiri terbagi menjadi beberapa zaman,
  • zaman batu tua.             (Palaeolitikum)
  • zaman batu tengah.       (Mesolithikum)
  • zaman batu muda.         (Neolithikum)
  • zaman batu besar.         (Megalithikum)
  • zaman logam.
  • zaman perunggu.
  • zaman besi.

 Mungkin kiteika anda membayangkan teknologi pada zaman prasejarah hal-hal yang andabayangkan adalah. kapak genggam, alat-alat dari tulang binatang atau tanduk, Flakes, menhir, dolmen, sarchopagus, punden berundak dan lain lain.
Pernahkah anda percaya bahwa zaman prasejarah dulunya merupakan zaman yang pernah maju juga ?, tentu hanya sebagian orang saja yang percaya dengan hal tersebut, tapi ternyata hal itu tidak hanya omongan belaka atau hanya merupakan mitos saja. ditahun 1990 ditemukan sebuah peralatan yang membatu yang berusia sekitar 2000 tahu di sebuah kapal karam di pulau antikythera Yunani, 50 tahun kemudian benda tersebut dilihat dengan sinar-X dan menemukan bahwa benda tersebut merupakan sebuah alat mekanik seperti mekanik pada jam tangan, penemuan ini membuat para ahli arkeologi kebingunan, karena pada saat itu bangsa yunani tidak akan mungkin membuat benda mekanik serumit itu. Para ilmuan menyebut benda tersebut dengan panggilan  Anticythère Mechanics. diperkirakan keberadaan alat ini adalah sebagai kalender. Keberadaan mekanik pada jaman prasejarah juga bisa ditemui di kompleks kuil Dendera di Mesir. Pada ruang bawah kuil tersebut terdapat pahatan dinding dua buah benda yang menyerupai bola lampu pijar, hal ini kemudian dikaitkan dengan pertanyaan, bagaimana ruang bawah yang gelap dan panas itu mendapatkan cahaya? beberapa teori mengatakan bahwa, ruang-ruang dalam kuil tersebut menggunakan cahaya matahari yang dipantulkan dari luar berulang kali oleh cermin-cermin didalam kuil, namun teori ini dapat terbantahkan, karena sinar yang dipantulkan semakin lama semakin lemah sehingga tak bisa menerangi semua ruangan.  Ada juga yang mengatakan menggunakan api / obor tapi tidak ada di satu ruangpun ditemukan bahan untuk membuat api, dan tidak akan cukup oksigen yang didapatkan untuk membuat obor. Jadi, satu-satunya cara untuk menerangi ruangan dalam kuil adalah dengan bola lampu. Pertanyaannya sekarang, jika benar mereka menggunakan lampu, bagaimana mereka mendapatkan aliran listrik? Bahkan listriknya saja baru ditemukan ribuan tahun setelahnya. Satu penemuan yang mungkin dapat mendukung keberadaan bola lampu jaman prasejarah adalah penemuan baterai bagdad yang telah di uji mampu menghasilkan listrik dengan menuangkan perasan jeruk kedalam gucinya.
Di kompleks kuil Teotihuacan para ahli menemukan penataan kompleks yang mirip dengan tata letak sama dengan posisi solar system kita, tapi bagaimana mungkin designer kompleks kuil Teotihuacan mengetahui lebih dahulu system peredaran planet-planet mengitari matahari? Bukankah hal itu memerlukan penelitian ilmiah berkelanjutan selama berabad-abad? ada yang bilang bahwa posisi kuil ini adalah sebuah kebetulan belaka, tapi jika kita melihat peninggalan sejarah ditempat lain yang bahkan lebih tua dari Teotihuacan seperti Stonehenge yang mana bila dilihat dari angkasa, lingkaran-lingkaran susunan batunya sangat menyerupai solar system kita.
            Pada tahun 1929 diketemukan pula sebuah peta lukisan bertanda tangan seorang Kapten bernama Piri Reis tercantum juga tahun 1513 yang juga berarti 21 tahun setelah Colombus menemukan benua Amerika.Yang menakjubkan adalah bahwa peta itu sangat akurat menggambarkan garis benua atau garis pulau bahkan dilengkapi dengan gambar sungai dan gunung. Bagaimana sang creator membuatnya? Pengetahuan geografi saja mulai berkembang ratusan tahun setelahnya.
Bukti yang paling mendukung teori adanya  teknologi modern dimasa prasejarah adalah adanya kompleks peninggalan Pumapunku di dataran tinggi Bolivia, disana logika kita tidak akan bisa menerka.Di Pumapunku ada reruntuhan struktur megalitikum yang telah dihancurkan oleh gempa bumi yang sangat dahsyat. Blok-blok yang runtuh di Pumapunku sangat menakjubkan, yang mana bentuk dari blok-blok yang berserakan mempunyai potongan / bentuk yang sempurna dan memiliki ukuran yang sama dan bahkan lebih menyerupai puzzle-puzzle. Belum ada yang tahu pasti bagaimana suku Indian Aymara mengangkut batu-batu (800 ton/pcs) kesana, padahal dataran itu berada pada 4.000 meter diatas permukaan laut. Dari segi kualitas, pengerjaan batu di Pumapunku sangatlah sempurna, seperti dikerjakan oleh mesin, untuk memotong dengan ukuran tertentu, membuat lubang, bahkan membuat cekungan panjang dengan ukuran sangat kecil (millimeter), dan tiap-tiap batu mempunyai bentuk dan ukuran yang sama persis. Padahal material-material batu yang digunakan adalah batu diorite dan granit, batu diorite adalah salah satu batu yang paling keras yang hanya bisa dikalahkan oleh berlian, para arkeolog memperkirakan alat yang digunakan oleh suku Aymara mungkin memiliki mata berlian atau berbahan berlian, namun tak seorangpun arkeolog yang mampu memperkirakan atau mencoba merekonstruksi bagaimana Indian Aymara membuat blok-blok batu tersebut.

“Kalau generasi dulu itu mempunyai teknologi yg maju tentu teknologi digital pun telah sangat maju. Apakah sampai saat ini belum ada yg menemukan data digital dari masa lalu?”
Menyimak pertanyan diatas apakah yang terpikir oleh anda?

Saya pernah membaca artikel Yohanes Surya yang dikutip dari news.discovery, meyembutkan riset nanoteknologi telah menemukan  Lapisan unsur berlian terisi lubang-lubang yang dapat menjadi kunci bagi komputer super di masa depan. Komputer sakti berbasis berlian ini bahkan dapat menyimpan data sejuta kali lebih banyak daripada komputer biasa!
Ini bahkan sudah tidak mengejutkan saya, pernah tersiar kabar bahwa pada peradaban atlantis banyak menggunakan teknologi berlian atau kristal dalam mengontrol system kehidupan masyarakat nya.
Yang menjadi pertanyaan nya sekarang “apakah teknologi penyimpanan data itu sudah diketemukan?” jawaban saya dalah mungkin saja. Karena telah ribuan tahun peradaban manusia ada dan diketahui, mungkinkah peradaban yang selama ribuan tahun hanya mengenal peralatan dari batu tiba-tiba dalam waktu 300 tahun terakhir ini telah menjadi begitu muktahir?? Mungkin juga perkembangan teknologi sekarang ini adalah hasil riset ilmuan-ilmuan yang meneliti salah satu teknologi yang berkembang di masalalu!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Titik lathifah

Konsep kedutan di 3 jari bawah pusar atau di tempat titik pusat tenaga dalam atau di tantien

Energi Murni manusia atau energi hawa murni atau energi murni tantien